lihat juga http://berawal-dari-pesantren.simplesite.com/
(_____________________) (____________________)
LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PADA
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN KEBUMEN
Laporan
ini Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti Ujian Nasional/Ujian
Akhir Sekolah (UN/UAS) Dalam Rangka Uji Kompetensi
Untuk
Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
Tahun
Pembelajaran 2012/2013
Disusun
Oleh :
Ahmad Fauzi
Devi Rahmawati
Erly
Apriliani
Fajar
Andri N
Tri
Wahyuni
|
(
10125 )
(
10216
)
(
10218 )
(
10187 )
(
10034 )
|
SMK KOMPUTER KARANGANYAR
Jl.
Revolusi No. 42 ( (0287) 551736
Karanganyar
– Kebumen
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan
Paraktek Kerja Lapangan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kebumen ini
telah disetujui dan disahkan oleh pembimbing Praktek Kerja Lapangan SMK
Komputer Karanganyar Tahun Pembelajaran 2011/2012 pada :
Hari/
Tanggal : ___________________
Tempat : ___________________
Mengesahkan
dan Menyetujui :
Ka. Program Diklat
Ali
Abdullah M, S.T
|
Pembimbing
Ahmad
Nurcahyono, S.Si
|
Mengetahui :
Kepala SMK Komputer Karanganyar
Ir.
Budi Setiyono, M,Kom
HALAMAN PENGUJI SEKOLAH
Laporan
Praktek Kerja Lapangan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten
Kebumen ini telah diuji oleh Tim Penguji Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK
Komputer Karanganyar pada :
Hari
/ Tanggal : ____________________
Tempat : ____________________
Tim Penguji :
Penguji
I Penguji II
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas sekolah
kami yaitu Menyusun Laporan Hasil Praktek Kerja Lapangan.
Penyusunan Laporan ini merupakan usaha
berkesinambungan untuk mewujudkan kelancaran dan optimalisasi dalam Praktek
Kerja Lapangan yang merupakan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian
Nasional (UN) pada SMK Komputer Karanganyar. Laporan Praktek Kerja Lapangan ini
kami persembahkan kepada :
1.
Bapak Kepala Sekolah SMK Komputer Karanganyar.
2.
Bapak dan ibu
guru yang telah membimbing kami.
3.
Bapak / Ibu
pembimbing PKL.
4.
Ayah dan ibu
tercinta.
5.
Putih abu-abu
yang telah bersama sama berjuang.
6.
Kakak dan adik
kelas yang kami sayangi, dan
7.
Para pembaca
yang budiman.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih dan
mohon maaf atas segala kesalahan atau kekurangan kami baik yang disengaja
maupun tidak disengaja selama kami melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
MOTTO
1. Seorang
yang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan
orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan.
2. Orang
besar bukan orang yang otaknya sempurna, tetapi orang yang mengambil
sebaik-baiknya dari otak yang tidak sempurna.
3. Dalam
perkataan, tidak mengapa anda merendahkan diri, tetapi dalam aktivitas tunjukan
kemampuan Anda.
4. Kejujuran
adalah perhiasan jiwa yang lebih bercahaya dari pada berlian.
5. Memperbaiki
diri adalah alat yang ampuh untuk memperbaiki orang lain.
6. Keluruhan budi pakerti akan tampak pada ucapan dan
tindakan.
7. Bukan
kecerdasan anda, melainkan sikap andalah yang akan mengangkat anda dalam
kehidupan.
8. Hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari
esok lebih baik dari hari sekarang.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayahnya,
sehingga kami telah dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan dengan
baik. Laporan Praktek Kerja Lapangan disusun sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional / Ujian
Sekolah (UN/US).
Selama
dalam proses penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan kami telah banyak
berinteraksi dengan berbagai pihak yang berhubungan langsung. Oleh karena
itu kami mengucapkan terima kasih yang
sedalam-dalamnya kepada:
1. Bapak
Ir.Budi Setiyono, M.Kom. selaku Kepala SMK Komputer Karanganyar yang telah
memberikan ijin untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
2. Bapak
Ali Abdullah M,S.T. selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
3. Bapak
Ahmad Nurcahyono, S.Si. selaku pembimbing penyusunan Laporan Praktek Kerja
Lapangan pada SMK Komputer Karanganyar.
4. Bapak
dr. H. A. Dwi Budi Satrio, M. Kes. selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan
Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.
5. Bapak
Tamim Sobri, S.IP. selaku pembimbing pada dunia kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab.
Kebumen.
6. Para
Pegawai Kantor Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kab. Kebumen.
7. Bapak
dan Ibu guru serta Karyawan/ Karyawati SMK Komputer Karanganyar.
8. Orang
Tua yang telah memberikan semangat dan dukungan dalam menyelesaikan Laporan
Praktek Kerja Lapangan.
9. Serta
semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membantu
selama Praktek Kerja Lapangan sampai dengan penyusunan laporan.
Kami
menyadari bahwa di dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan serta
kesalahan, itu semua karena keterbatasan pengetahuan. Oleh karena itu, kami
sangat mengharapkan setiap saran dan kritik yang bersifat membangun demi
kesempurnaan penyusunan di masa
mendatang.
Kami
berharap semoga laporan yang masih sederhana ini dapat bermanfaat bagi pembaca
yang budiman.
Amin.
Karanganyar,
25 April 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL………………………………………………………
|
i
|
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH ……...………………………..
|
ii
|
HALAMAN
PENGUJI SEKOLAH…………………………………….....
|
iii
|
HALAMAN
PERSEMBAHAN……………………………………….......
|
iv
|
MOTTO..…………………………………………………………………...
|
v
|
KATA
PENGANTAR……………………………………………………..
|
vi
|
DAFTAR
ISI………………………………………………………………
|
viii
|
BAB
I PENDAHULUAN………………………………………………….
A. Pengertian
Praktek Kerja Lapangan……………………………
1
B. Latar
Belakang Praktek Kerja Lapangan………………………..
1
C. Tujuan
Praktek Kerja Lapangan………………………………..
2
D. Manfaat
Praktek Kerja Lapangan………………………………
2
BAB II RUANG LINGKUP INSTANSI……………………………..
A. Sejarah
Badan Penanggulangan Bencana Daerah..........……….. 4
B. Lokasi
Badan Penanggulangan Bencana Daerah……………….
5
C. Struktur
Organisasi …………………………………………….. 6
D. Manajemen
Badan Penanggulangan Bencana Daerah………….
7
BAB
III URAIAN KEGIATAN…………………………………………….
A. Input
Data………………………………………………………. 9
B. Menulis
Surat dan Mengeprint………………………………….
9
BAB
IV PENUTUP
A. Kesimpulan……………………………………………………... 13
B. Saran……………………………………………………………. 13
LAMPIRAN………………………………………………………............... 15
BAB I
PENDAHULUAN
A. PENGERTIAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Praktek Kerja Lapangan adalah suatu
tugas yang diberikan oleh sekolah berdasarkan Kurikulum Pembelajaran untuk
siswa yang wajib dilakukan untuk menambah Pengetahuan, Wawasan, dan Pengetahuan
siswa secara nyata dan langsung dalam kegiatan, profesi pada satu atau lebih
Perusahaan atau Lembaga atau Institusi
dan lain sebagainya. Untuk itu siswa diwajibkan untuk mengikuti Praktek Kerja
Lapangan, disamping dapat menambah wawasan juga dibutuhkan untuk laporan yang
akan diserahkan sekolah sebagai salah satu syarat dalam mengikuti Ujian
Nasional/Ujian Sekolah (UN/US).
B. LATAR BELAKANG
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Kemajuan teknologi yang begitu pesat
dalam era globalisasi mengakibatkan persaingan bebas diberbagai bidang, dan
dalam rangka bersaing untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang
berkualitas. Pendidikan Kejuruan Teknologi dan Telekomunikasi dapat untuk
memberikan bekal kemampuan dan keterampilan yang menunjang agar setiap siswa
didik siap berkompetensi serta professional dalam memasuki dunia kerja.
Untuk dapat mewujudkan hal tersebut di
atas maka perlu adanya pelatihan dan praktek yang lebih intensif di Dunia Usaha
dan Dunia Industri (DU/DI) yang dinyatakan dalam bentuk Praktek Kerja Lapangan
(PKL).Dengan adanya Praktek Kerja Lapangan, siswa di harapkan dapat mengetahui
lebih dekat tentang Dunia Kerja yang sesuai dengan bidang keahlianya.
C.
TUJUAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Sesuai tujuan adanya Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) yakni menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi, kapabilitas
dan skill yang memadai, sehingga mampu terserap di dunia kerja, adapun tujuan
Praktek Kerja Lapangan diantaranya yaitu :
1. Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
2. Menghasilkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian yang professional.
3. Siswa
memperoleh keterampilan kerja yang memadai.
4. Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
5. Sebagai
medium untuk membina hubungan baik antara sekolah dengan dunia kerja khususnya
jurusan Teknik Komputer dan
Jaringan pada SMK Komputer Karanganyar
dengan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.
D. MANFAAT PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Adapun beberapa manfaat yang bisa
di ambil dari Praktek Kerja Lapangan,
yaitu :
a.
Manfaat bagi
siswa
1.
Siswa menjadi
lebih tahu mengenai dunia kerja pada saat ini.
2.
Siswa menjadi
lebih mandiri dalam berfikir dan bekerja.
3.
Siswa menjadi
lebih tahu persaingan, bisnis dan cara untuk tetap berjaya dimasa depan.
4.
Siswa menjadi
lebih paham dan percaya diri dalam bekerja selepas sekolah.
5.
Siswa menjadi
lebih bisa berfikir cepat untuk menyelesaikan setiap persoalan.
b.
Manfaat bagi
Perusahaan
1. Terjalin
jaringan komitmen antar peserta Praktek Kerja Lapangan SMK Komputer Karanganyar
dengan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.
2. Media
pertukaran informasi bidang teknologi antara perusahaan dengan sekolah.
c. Manfaat
bagi Sekolah
Menjalankan
hubungan baik antara sekolah dengan dunia kerja, khususnya SMK Komputer Karanganyar dengan Kantor Badan
Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.
BAB
II
RUANG LINGKUP INSTANSI
A.
Sejarah
Badan Penanggulangan Bencana Daerah
Kab.Kebumen
Badan
Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen merupakan organisasi perangkat
daerah Kabupaten Kebumen yang berfungsi melaksanakan tugas Penanggulangan
Bencana di wilayah Kabupaten Kebumen yang berdiri pada tanggal 13 Oktober 2010, sesuai
dengan Perda No. 08 Tahun 2010 (Tanggal 4 Oktober 2010 telah dibentuk
BPBD), sebelum berdirinya BPBD, peraturan UU No. 24 Tahun 2007
menjelaskan tentang ”Penanggulangan Bencana”.
Sebelum BPBD organisasi yang melaksanakan
fungsi penanggulangan bencana yaitu
Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dibawah koordinasi Wakil Bupati yang
secara teknis sehari-hari dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik Dan
Perlindungan Masyarakat, kemudian setelah Kesbangpolimas di tangani oleh Badan
Penanggulangan Bencana. Pada tanggal 13 Oktober 2010 nama Badan Penanggulangan
Bencana diganti oleh Bupati menjadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Adapun
karyawan-karyawan BPBD berasal dari berbagai instansi pemerintah, antara lain :
Kesbangpolimas, KPU, SEKDA, Lingkungan Hidup, Satpol PP, Pariwisata, RSU, DPU.
BPBD
mempunyai Visi “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Kebumen yang tangguh dalam
Penanggulangan Bencana baik kesiapsiagaan saat terjadi Bencana ataupun saat
selesai terjadi Bencana dalam dasar Keearifan Lokal”.
Adapun
tujuan berdirinya BPBD Kabupaten Kebumen adalah BPBD akan selalu siap membantu
setiap Bencana yang terpadu di Daerah Kabupaten Kebumen.
B.
Lokasi
Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah
Kab.Kebumen.
Kantor
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab.Kebumen terletak di jalan Aroeng
Binang No.13
DENAH
LOKASI
C.
Struktur Organisasi Badan Penanggulangan Bencana
Daerah Kab.Kebumen
D.
Manajemen
Badan Penanggulanggan Bencana Daerah Kab.Kebumen
a. Sekretariat
Sekretariat
mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan dan memberikan pelayanan teknis dan
administrasi di bidang perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian, kepada
semua pegawai dalam lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.
Sekretariat
Terdiri Dari :
1. Sub
bagian Perencanaan dan keuangan mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan
perencanaan program kegiatan, evaluasi dan peloporan serta melaksanakan urusan
keuangan meliputi akuntasi, penerimaan kas, pengeluaran kas, pembukuan dan
pelaporan.
2. Sub
Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan
surat-menyurat, kearsipan, perpustakaan, perlengkapan dan rumah tangga serta
pembinaan organisasi, tata laksana dan administrasi di bidang kepegawaian.
b.
Bidang
Pencegahan dan Kesiapsiagaan
Bidang
Pencegahan dan Kesiapsiagaan mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam
penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang
pencegahan dan kesiapsiagaan bencana (prabencana).
Bidang Pencegahan dan
Kesiapsiagaan Terdiri dari :
1. Seksi
Pencegahan mempunyai tugas untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana dan
program kegiatan, mengumpulkan bahan, mengolah dan menyajikan serta menyiapkan
bahan analisis data kebencanaan.
2. Seksi
Kesiapsiagaan mempunyai tugas untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana dan
program kegiatan, melaksanan pengumpulan bahan pembinaan kesiapsiagaan dalam
menghadapi bencana serta pemberdayaan masyarakat.
c.
Bidang
Kedaruratan dan Logistik
Bidang
Kedaruratan dan Logistik mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam
Mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang kedaruratan dan logistik
pada saat terjadi bencana.
Bidang Kedaruratan dan
Logistik Terdiri dari :
1. Seksi
Penanganan Kedaruratan Mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan rencana dan
program kegiatan, Penanganan bencana saat tanggap darurat yang meliputi
kegiatan penyelamatan, evakuasi, penanganan pengungsi serta penanganan
penanggulangan kebakaran.
2. Seksi
Logistik dan Peralatan mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan rencana dan
program kegiatan, serta bahan perumusan kebijakan teknis di bidang logistik dan
peralatan.
d.
Bidang
Rehabilitasi dan Rekonstruksi
Bidang
Rehabilitasi dan Rekonstruksi mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam
mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang rehabilitasi dan
rekonstruksi pascabencana.
Bidang Rehabilitasi dan
Rekonstruksi terdiri dari :
1. Seksi
Rehabilitasi mempunyai tugas untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana dan
program kegiatan serta menyiapkan bahan kebijakan teknis di bidang rehabilitasi
pascabencana.
2.
Seksi
rekonstruksi mempunyai tugas untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana dan
program kegiatan serta menyiapkan bahan kebijakan teknis di bidang rekonstruksi
pascabencana.
BAB
III
URAIAN KEGIATAN
Praktek
Kerja Lapangan (PKL) dimulai pada tanggal 1 Maret 2012 sampai dengan 1 Mei
2012, ada beberapa jenis kegiatan yang
kami
lakukan pada saat Praktek Kerja Lapangan, adapun uraian kegiatan Praktek Kerja
Lapangan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana yaitu :
A.
Input Data
Menggunakan Microsoft Exel 2007
Dalam
Tugas Input data ini, ada beberapa bagian didalam pelaksanaanya antara lain :
1. Input
data gaji para pegawai
2. Input
data data korban bencana alam dan Logistik Bantuan
Langkah –
langkah Input Data melalui Microsoft Exel 2007 :
1.
Input data gaji
para pegawai
a. Pilih
icon menu Microsoft Exel 2007 pada tampilan layar deskop komputer.
b. Kemudian
siapkan data gaji para pegawai yang akan di input.
c. Mulailah
memasukan data gaji para pegawai.
d. Setelah
semua data selesai di masukan ke komputer, kemudian data disimpan
ke drive penyimpanan sesuai yang
diperintahkan.
2. Input
data Logistik Bantuan dan data korban bencana alam
a. Pilih icon
menu Microsoft Exel 2007 pada tampilan layar deskop komputer.
b. Kemudian
siapkan data logistic dan data korban bencana yang akan di input.
c. Mulailah memasukan data, untuk data yang input terlebih dahulu adalah data korban,
kemudian baru data logistik
d. Kemudian
setelah semua data selesai di input ke komputer, kemudian data disimpan ke drive penyimpanan data.
B. Menulis
Surat dan Mencetak surat
1.
Langkah-langkah
Menulis Surat Menggunakan Microsoft Word 2007
a.
Pilih icon menu Microsoft Word 2007 pada
deskop komputer.
b.
Kemudian akan
tampil halaman kerja Microsoft Word
seperti di bawah ini.
c.
Mulailah ketik surat yang akan di ketik.
d.
Kemudian jika
sudah selesai, maka simpan surat tersebut di drive penyimpanan sesuai yang diperintahkan.
2.
Langkah –
langkah Mencetak Surat:
a.
Siapkan dokumen yang akan di cetak.
b.
Pilih menu
office button dengan cara klik menu office button pada jendela dokumen sebelah
kiri atas, seperti tampilan dibawah ini
:
c.
Pilih print,
sehingga muncul tampilan di bawah ini.
d.
Kemudian aturlah
type printer dan berapa halaman yang akan dicetak, pastikan type printer yang digunakan adalah sudah benar,
e.
Kemudian klik
OK.
C. Foto
Copy Data-data.
Pada tugas ini, harus keluar kantor untuk foto copy data
yang perlu diperbanyak, untuk tempat foto copy, sesuaikan
dengan tempat yang di perintahkan.
D.
Mengantar
Surat-surat.
Pada
tugas ini kami ditugaskan mengantar sutar ke kantor - kantor pemerintahan di
kabupaten Kebumen, seperti : Kantor SETDA dan Kantor Dinas Pariwisata.
E.
Membayar SSP.
Membayar
Surat Setoran Pajak adalah salah satu tugas yang diberikan kepada kami, Surat
Setoran Pajak harus dibayarkan di Bank Jateng yang letaknya di sebelah timur
pintu masuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen.
F. Membantu
Mengarsip Dokumen.
Pada tugas ini, ditugaskan untuk membantu mengarsip
Dokumen - dokumen yang perlu di arsip, dan dokumen tersebut juga sedang diarsip
oleh pegawai kantor BPBD yang ditugaskan.
BAB
IV
A. Kesimpulan
Peraktek
Kerja Lapangan sangat penting dilakukan karena dengan Praktek Kerja Lapangan
siswa akan mengetahui lebih dekat dengan Dunia kerja yang sesungguhnya sesuai
dengan bidang keahliannya.
Hal
ini Merupakan bekal yang sangat berharga bagi siswa kelak apabila terjun
langsung ke dunia kerja karena siswa sudah mempunyai gambaran tentang Kehidupan
di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).
Setelah Praktek Kerja
Lapangan (PKL) di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kebumen penulis
dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1. Penulis
mendapat pengetahuan yang lebih luas mengenai dunia kerja.
2. Penulis
Dapat Mengetahui Banyak Tentang masalah Bencana dan Logistik.
3. Penulis
dapat mengenal dan menjalin persaudaraan dengan pegawai di BPBD.
4.
Ketertiban dan
Kedisiplinan Pada dunia Kerja sangatlah harus dijaga.
5.
Norma dan Sopan
santun harus kita utamakan untuk berkomunikasi.
B.
Saran
Setelah
disimpulkan dalam menjalankan Praktek
Kerja Lapangan pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen
kami dapat memberi saran, saran tersebut adalah :
a. Saran untuk
sekolah
1. Pihak
sekolah harus terus menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pihak tempat
PKL, sehingga di harapkan terciptanya kerjasama yang lebik baik.
2. Pendamping
PKL harus lebih berperan aktif dalam berkomunikasi dan berkordinasi dengan
pihak perusahaan, guna terciptanya hubungan yang baik dan aktif dalam
mendampingi siswa PKL.
3. Sebaiknya
waktu PKL tidak di laksanakan jauh hari sebelum pelaksanaan EBAS, karena
menurut pengalaman yang sudah – sudah dialami adalah waktu belajar mengajar
setelah PKL sangatlah sedikit, sehingga pada waktu EBAS akhir semester
khususnya kelas XI banyak siswa yang nilainya kurang, karena keterbatasanya waktu belajar.
b.
Saran
untuk BPBD Kebumen
1.
Meningkatkan
sosialisasi atau kerjasama antara pimpinan, pegawai, dan siswa – siswi PKL,
serta para tamu yang datang ke BPBD, sehingga dengan demikian mampu menumbuhkan
hubungan kekeluargaan yang harmonis dan baik.
2.
Meningkatkan
semangat etos kerja, guna pencapaian kinerja yang lebih efisien.
3.
Memberikan suri
tauladan yang baik kepada siswa-siswi PKL.
4.
Kedisiplinan dan
tata tertib mesti lebih di tingkatkan, agar kerapihan dan tujuan yang di
harapkan dapat tercapai dengan sukses.
Demikianlah
saran-saran yang dapat di sampaikan, setelah melaksanakan Praktek Kerja
Lapangan di BPBD Kebumen. Semoga dapat bermanfaat bagi kemajuan kantor dan
pihak sekolah. Sebelum dan sesudahnya kami sebagai penulis mohon maaf khususnya
kepada para pegawai BPBD Kebumen atas kesalahan dan kekhilafan yang kami perbuat,
terutama bila ada katayang kurang berkenan di hati dalam penulisan dan
penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan kami ini.
LAMPIRAN -
LAMPIRAN
SURAT KETERANGAN DU/DI
JURNAL KEGIATAN
DEVI RAHMAWATI
AHMAD FAUZI
ERLY APRILYANI
FAJAR ANDRI N
TRI WAHYUNI
Comments
Post a Comment