Contoh Laporan Kerja Lapangan (PKL) Untuk SMK

lihat juga http://berawal-dari-pesantren.simplesite.com/

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN KEBUMEN

Laporan ini Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti Ujian Nasional/Ujian Akhir Sekolah (UN/UAS) Dalam Rangka Uji Kompetensi
Untuk Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
Tahun Pembelajaran 2012/2013

logo s-com.jpg


Disusun Oleh :


Ahmad Fauzi
Devi Rahmawati
Erly Apriliani
Fajar Andri N
Tri Wahyuni
( 10125 )
( 10216 )
( 10218 )
( 10187 )
( 10034 )



 SMK KOMPUTER KARANGANYAR
Jl. Revolusi No. 42 ( (0287) 551736 
Karanganyar – Kebumen


HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH



Laporan Paraktek Kerja Lapangan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kebumen ini telah disetujui dan disahkan oleh pembimbing Praktek Kerja Lapangan SMK Komputer Karanganyar Tahun Pembelajaran 2011/2012 pada :



Hari/ Tanggal  : ­­­___________________
Tempat            : ___________________

Mengesahkan dan Menyetujui :

Ka. Program Diklat




Ali Abdullah M, S.T
Pembimbing




Ahmad Nurcahyono, S.Si

Mengetahui :
Kepala SMK Komputer Karanganyar



Ir. Budi Setiyono, M,Kom



HALAMAN PENGUJI SEKOLAH

Laporan Praktek Kerja Lapangan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen ini telah diuji oleh Tim Penguji Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK Komputer Karanganyar pada :

Hari / Tanggal             : ­­­­­­­­­­­­­­­­­­­____________________
Tempat                        : ____________________


Tim Penguji :
Penguji I                                                                       Penguji II


 
(_____________________)                                        (____________________)


 




HALAMAN PERSEMBAHAN

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas sekolah kami yaitu Menyusun Laporan Hasil Praktek Kerja Lapangan.
Penyusunan Laporan ini merupakan usaha berkesinambungan untuk mewujudkan kelancaran dan optimalisasi dalam Praktek Kerja Lapangan yang merupakan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) pada SMK Komputer Karanganyar. Laporan Praktek Kerja Lapangan ini kami persembahkan kepada :
1.      Bapak Kepala Sekolah SMK Komputer Karanganyar.
2.      Bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami.
3.      Bapak / Ibu pembimbing PKL.
4.      Ayah dan ibu tercinta.
5.      Putih abu-abu yang telah bersama sama berjuang.
6.      Kakak dan adik kelas yang kami sayangi, dan
7.      Para pembaca yang budiman.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih dan mohon maaf atas segala kesalahan atau kekurangan kami baik yang disengaja maupun tidak disengaja selama kami melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).






MOTTO

1.      Seorang yang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan.
2.      Orang besar bukan orang yang otaknya sempurna, tetapi orang yang mengambil sebaik-baiknya dari otak yang tidak sempurna.
3.      Dalam perkataan, tidak mengapa anda merendahkan diri, tetapi dalam aktivitas tunjukan kemampuan Anda.
4.      Kejujuran adalah perhiasan jiwa yang lebih bercahaya dari pada berlian.
5.      Memperbaiki diri adalah alat yang ampuh untuk memperbaiki orang lain.
6.      Keluruhan  budi pakerti akan tampak pada ucapan dan tindakan.
7.      Bukan kecerdasan anda, melainkan sikap andalah yang akan mengangkat anda dalam kehidupan.
8.      Hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari sekarang.









KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayahnya, sehingga kami telah dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan dengan baik. Laporan Praktek Kerja Lapangan disusun sebagai salah satu  syarat untuk mengikuti Ujian Nasional / Ujian Sekolah (UN/US).
Selama dalam proses penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan kami telah banyak berinteraksi dengan berbagai pihak yang berhubungan langsung. Oleh karena itu  kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:
1.   Bapak Ir.Budi Setiyono, M.Kom. selaku Kepala SMK Komputer Karanganyar yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
2.   Bapak Ali Abdullah M,S.T. selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
3.   Bapak Ahmad Nurcahyono, S.Si. selaku pembimbing penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan pada SMK Komputer Karanganyar.
4.   Bapak dr. H. A. Dwi Budi Satrio, M. Kes. selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.
5.   Bapak Tamim Sobri, S.IP. selaku pembimbing pada dunia kerja  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Kebumen.
6.   Para Pegawai Kantor Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kab. Kebumen.
7.   Bapak dan Ibu guru serta Karyawan/ Karyawati SMK Komputer Karanganyar.
8.   Orang Tua yang telah memberikan semangat dan dukungan dalam menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan.
9.   Serta semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membantu selama Praktek Kerja Lapangan sampai dengan penyusunan laporan. 

Kami menyadari bahwa di dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan serta kesalahan, itu semua karena keterbatasan pengetahuan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan setiap saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan penyusunan  di masa mendatang.
Kami berharap semoga laporan yang masih sederhana ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang budiman.
Amin.
Karanganyar, 25 April 2012


Penyusun











DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL………………………………………………………
i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH ……...………………………..
ii
HALAMAN PENGUJI SEKOLAH…………………………………….....
iii
HALAMAN PERSEMBAHAN……………………………………….......
iv
MOTTO..…………………………………………………………………...
v
KATA PENGANTAR……………………………………………………..
vi
DAFTAR ISI………………………………………………………………
viii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………….                               
A.    Pengertian Praktek Kerja Lapangan……………………………        1
B.     Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan………………………..       1
C.     Tujuan Praktek Kerja Lapangan………………………………..        2
D.    Manfaat Praktek Kerja Lapangan………………………………        2

BAB II RUANG LINGKUP INSTANSI……………………………..
A.    Sejarah Badan Penanggulangan Bencana Daerah..........………..       4
B.     Lokasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah……………….       5
C.     Struktur Organisasi ……………………………………………..       6
D.    Manajemen Badan Penanggulangan Bencana Daerah………….       7
BAB III URAIAN KEGIATAN…………………………………………….
A.    Input Data……………………………………………………….       9
B.     Menulis Surat dan Mengeprint………………………………….       9
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan……………………………………………………...      13
B.     Saran…………………………………………………………….      13
LAMPIRAN………………………………………………………...............      15









BAB I
PENDAHULUAN
A.  PENGERTIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Praktek Kerja Lapangan adalah suatu tugas yang diberikan oleh sekolah berdasarkan Kurikulum Pembelajaran untuk siswa yang wajib dilakukan untuk menambah Pengetahuan, Wawasan, dan Pengetahuan siswa secara nyata dan langsung dalam kegiatan, profesi pada satu atau lebih Perusahaan atau Lembaga  atau Institusi dan lain sebagainya. Untuk itu siswa diwajibkan untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan, disamping dapat menambah wawasan juga dibutuhkan untuk laporan yang akan diserahkan sekolah sebagai salah satu syarat dalam mengikuti Ujian Nasional/Ujian Sekolah (UN/US).
B.       LATAR BELAKANG PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Kemajuan teknologi yang begitu pesat dalam era globalisasi mengakibatkan persaingan bebas diberbagai bidang, dan dalam rangka bersaing untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Pendidikan Kejuruan Teknologi dan Telekomunikasi dapat untuk memberikan bekal kemampuan dan keterampilan yang menunjang agar setiap siswa didik siap berkompetensi serta professional dalam memasuki dunia kerja.
Untuk dapat mewujudkan hal tersebut di atas maka perlu adanya pelatihan dan praktek yang lebih intensif di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) yang dinyatakan dalam bentuk Praktek Kerja Lapangan (PKL).Dengan adanya Praktek Kerja Lapangan, siswa di harapkan dapat mengetahui lebih dekat tentang Dunia Kerja yang sesuai dengan bidang keahlianya.

C.    TUJUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Sesuai tujuan adanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yakni menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi, kapabilitas dan skill yang memadai, sehingga mampu terserap di dunia kerja, adapun tujuan Praktek Kerja Lapangan diantaranya yaitu :
1.    Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
2.    Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang professional.
3.    Siswa memperoleh keterampilan kerja yang memadai.
4.    Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5.    Sebagai medium untuk membina hubungan baik antara sekolah dengan dunia kerja khususnya jurusan Teknik Komputer  dan Jaringan  pada SMK Komputer Karanganyar dengan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.
                                                                                     
D.    MANFAAT PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Adapun beberapa manfaat yang bisa di ambil dari Praktek Kerja Lapangan,  yaitu :
a.         Manfaat bagi siswa
1.        Siswa menjadi lebih tahu mengenai dunia kerja pada saat ini.
2.        Siswa menjadi lebih mandiri dalam berfikir dan bekerja.
3.        Siswa menjadi lebih tahu persaingan, bisnis dan cara untuk tetap berjaya dimasa depan.
4.        Siswa menjadi lebih paham dan percaya diri dalam bekerja selepas sekolah.
5.        Siswa menjadi lebih bisa berfikir cepat untuk menyelesaikan setiap persoalan.


b.         Manfaat bagi Perusahaan
1.      Terjalin jaringan komitmen antar peserta Praktek Kerja Lapangan SMK Komputer Karanganyar dengan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.
2.      Media pertukaran informasi bidang teknologi antara perusahaan dengan sekolah.

c.       Manfaat bagi Sekolah
Menjalankan hubungan baik antara sekolah dengan dunia kerja, khususnya SMK Komputer  Karanganyar dengan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.


 

BAB II
RUANG LINGKUP INSTANSI

A.    Sejarah Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kab.Kebumen
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen merupakan organisasi perangkat daerah Kabupaten Kebumen yang berfungsi melaksanakan tugas Penanggulangan Bencana di wilayah Kabupaten Kebumen yang berdiri  pada tanggal 13 Oktober 2010, sesuai dengan Perda No. 08 Tahun 2010 (Tanggal 4 Oktober 2010 telah dibentuk BPBD), sebelum berdirinya BPBD, peraturan UU No. 24 Tahun 2007 menjelaskan tentang ”Penanggulangan Bencana”.
 Sebelum BPBD organisasi yang melaksanakan fungsi  penanggulangan bencana yaitu Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dibawah koordinasi Wakil Bupati yang secara teknis sehari-hari dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik Dan Perlindungan Masyarakat, kemudian setelah Kesbangpolimas di tangani oleh Badan Penanggulangan Bencana. Pada tanggal 13 Oktober 2010 nama Badan Penanggulangan Bencana diganti oleh Bupati menjadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Adapun karyawan-karyawan BPBD berasal dari berbagai instansi pemerintah, antara lain : Kesbangpolimas, KPU, SEKDA, Lingkungan Hidup, Satpol PP, Pariwisata, RSU, DPU.
BPBD mempunyai Visi “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Kebumen yang tangguh dalam Penanggulangan Bencana baik kesiapsiagaan saat terjadi Bencana ataupun saat selesai terjadi Bencana dalam dasar Keearifan Lokal”.
Adapun tujuan berdirinya BPBD Kabupaten Kebumen adalah BPBD akan selalu siap membantu setiap Bencana yang terpadu di Daerah Kabupaten Kebumen.

B.     Lokasi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kab.Kebumen.
Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab.Kebumen terletak di jalan Aroeng Binang No.13

DENAH LOKASI
Backup_of_DENA KANTOR.jpg





C.    Struktur  Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab.Kebumen
 

















                                                                                                                           

 







D.    Manajemen Badan Penanggulanggan Bencana Daerah Kab.Kebumen

a.    Sekretariat
Sekretariat mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan dan memberikan pelayanan teknis dan administrasi di bidang perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian, kepada semua pegawai dalam lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.
Sekretariat Terdiri Dari :                                                                 
1.      Sub bagian Perencanaan dan keuangan mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan perencanaan program kegiatan, evaluasi dan peloporan serta melaksanakan urusan keuangan meliputi akuntasi, penerimaan kas, pengeluaran kas, pembukuan dan pelaporan.
2.      Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan surat-menyurat, kearsipan, perpustakaan, perlengkapan dan rumah tangga serta pembinaan organisasi, tata laksana dan administrasi di bidang kepegawaian.
                                                                                    
b.      Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan
Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang pencegahan dan kesiapsiagaan bencana (prabencana).
Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Terdiri dari :
1.      Seksi Pencegahan mempunyai tugas untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan, mengumpulkan bahan, mengolah dan menyajikan serta menyiapkan bahan analisis data kebencanaan.
2.      Seksi Kesiapsiagaan mempunyai tugas untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan, melaksanan pengumpulan bahan pembinaan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana serta pemberdayaan masyarakat.
c.       Bidang Kedaruratan dan Logistik
Bidang Kedaruratan dan Logistik mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam Mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang kedaruratan dan logistik pada saat terjadi bencana.
Bidang Kedaruratan dan Logistik Terdiri dari :
1.      Seksi Penanganan Kedaruratan Mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan, Penanganan bencana saat tanggap darurat yang meliputi kegiatan penyelamatan, evakuasi, penanganan pengungsi serta penanganan penanggulangan kebakaran.
2.      Seksi Logistik dan Peralatan mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan, serta bahan perumusan kebijakan teknis di bidang logistik dan peralatan.

d.      Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi
Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.
Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi terdiri dari :
1.      Seksi Rehabilitasi mempunyai tugas untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan serta menyiapkan bahan kebijakan teknis di bidang rehabilitasi pascabencana.
2.         Seksi rekonstruksi mempunyai tugas untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan serta menyiapkan bahan kebijakan teknis di bidang rekonstruksi pascabencana.



 

BAB III
URAIAN KEGIATAN

Praktek Kerja Lapangan (PKL) dimulai pada tanggal 1 Maret 2012 sampai dengan 1 Mei 2012,  ada beberapa jenis kegiatan yang kami lakukan pada saat Praktek Kerja Lapangan, adapun uraian kegiatan Praktek Kerja Lapangan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana yaitu :
A.  Input Data Menggunakan Microsoft Exel 2007
Dalam Tugas Input data ini, ada beberapa bagian didalam pelaksanaanya antara lain :
1.    Input data gaji para pegawai
2.    Input data data korban bencana alam dan Logistik Bantuan

Langkah – langkah Input Data melalui Microsoft Exel 2007 :
1.        Input data gaji para pegawai
a.       Pilih icon menu Microsoft Exel 2007 pada tampilan layar deskop komputer.
b.      Kemudian siapkan data gaji para pegawai yang akan di input.
c.       Mulailah memasukan data gaji para pegawai.
d.      Setelah semua data selesai di masukan ke komputer, kemudian  data disimpan ke drive penyimpanan sesuai yang diperintahkan.

2.      Input data Logistik Bantuan dan data korban bencana alam
a.       Pilih icon menu Microsoft Exel 2007 pada tampilan layar deskop komputer.
b.      Kemudian siapkan data logistic dan data korban bencana yang akan di input.
c.       Mulailah memasukan data, untuk data yang  input terlebih dahulu adalah data korban, kemudian baru data logistik
d.      Kemudian setelah semua data selesai di input ke komputer, kemudian data disimpan ke drive penyimpanan data.


B.     Menulis Surat dan Mencetak surat

1.      Langkah-langkah Menulis Surat Menggunakan Microsoft Word 2007
a.       Pilih icon menu Microsoft Word 2007 pada deskop komputer.
b.      Kemudian akan tampil halaman kerja Microsoft  Word seperti di bawah ini.
c.       Mulailah ketik surat yang akan di ketik.
d.      Kemudian jika sudah selesai, maka simpan surat tersebut di drive penyimpanan sesuai yang diperintahkan.

2.      Langkah – langkah Mencetak Surat:
a.       Siapkan  dokumen yang akan di cetak.
b.      Pilih menu office button dengan cara klik menu office button pada jendela dokumen sebelah kiri atas, seperti  tampilan dibawah ini :

c.       Pilih print, sehingga muncul tampilan di bawah ini.
d.      Kemudian aturlah type printer dan berapa halaman yang akan dicetak, pastikan type printer yang digunakan adalah sudah benar,
e.       Kemudian klik OK.

C.     Foto Copy Data-data.
Pada tugas ini, harus keluar kantor untuk foto copy data yang perlu diperbanyak, untuk tempat foto copy, sesuaikan dengan tempat yang di perintahkan.
D.    Mengantar Surat-surat.
Pada tugas ini kami ditugaskan mengantar sutar ke kantor - kantor pemerintahan di kabupaten Kebumen, seperti : Kantor SETDA dan Kantor Dinas Pariwisata.
E.     Membayar SSP.
Membayar Surat Setoran Pajak adalah salah satu tugas yang diberikan kepada kami, Surat Setoran Pajak harus dibayarkan di Bank Jateng yang letaknya di sebelah timur pintu masuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen.
F.      Membantu Mengarsip Dokumen.
Pada tugas ini, ditugaskan untuk membantu mengarsip Dokumen - dokumen yang perlu di arsip, dan dokumen tersebut juga sedang diarsip oleh pegawai kantor BPBD yang ditugaskan.


 



BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Peraktek Kerja Lapangan sangat penting dilakukan karena dengan Praktek Kerja Lapangan siswa akan mengetahui lebih dekat dengan Dunia kerja yang sesungguhnya sesuai dengan bidang keahliannya.
Hal ini Merupakan bekal yang sangat berharga bagi siswa kelak apabila terjun langsung ke dunia kerja karena siswa sudah mempunyai gambaran tentang Kehidupan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).
Setelah Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kebumen penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1.      Penulis mendapat pengetahuan yang lebih luas mengenai dunia kerja.
2.      Penulis Dapat Mengetahui Banyak Tentang masalah Bencana dan Logistik.
3.      Penulis dapat mengenal dan menjalin persaudaraan dengan pegawai di BPBD.
4.      Ketertiban dan Kedisiplinan Pada dunia Kerja sangatlah harus dijaga.
5.      Norma dan Sopan santun harus kita utamakan untuk berkomunikasi.
B.     Saran
Setelah  disimpulkan dalam menjalankan Praktek Kerja Lapangan pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen kami dapat memberi saran, saran tersebut adalah :
a.      Saran untuk sekolah
1.    Pihak sekolah harus terus menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pihak tempat PKL, sehingga di harapkan terciptanya kerjasama yang lebik baik.
2.    Pendamping PKL harus lebih berperan aktif dalam berkomunikasi dan berkordinasi dengan pihak perusahaan, guna terciptanya hubungan yang baik dan aktif dalam mendampingi siswa PKL.
3.    Sebaiknya waktu PKL tidak di laksanakan jauh hari sebelum pelaksanaan EBAS, karena menurut pengalaman yang sudah – sudah dialami adalah waktu belajar mengajar setelah PKL sangatlah sedikit, sehingga pada waktu EBAS akhir semester khususnya kelas XI banyak siswa yang nilainya kurang,  karena keterbatasanya waktu belajar.

b.      Saran untuk BPBD Kebumen
1.   Meningkatkan sosialisasi atau kerjasama antara pimpinan, pegawai, dan siswa – siswi PKL, serta para tamu yang datang ke BPBD, sehingga dengan demikian mampu menumbuhkan hubungan kekeluargaan yang harmonis dan baik.
2.   Meningkatkan semangat etos kerja, guna pencapaian kinerja yang lebih efisien.
3.   Memberikan suri tauladan yang baik kepada siswa-siswi PKL.
4.   Kedisiplinan dan tata tertib mesti lebih di tingkatkan, agar kerapihan dan tujuan yang di harapkan dapat tercapai dengan sukses.


Demikianlah saran-saran yang dapat di sampaikan, setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di BPBD Kebumen. Semoga dapat bermanfaat bagi kemajuan kantor dan pihak sekolah. Sebelum dan sesudahnya kami sebagai penulis mohon maaf khususnya kepada para pegawai BPBD Kebumen atas kesalahan dan kekhilafan yang kami perbuat, terutama bila ada katayang kurang berkenan di hati dalam penulisan dan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan kami ini.












LAMPIRAN - LAMPIRAN




























SURAT KETERANGAN DU/DI































JURNAL KEGIATAN






























DEVI RAHMAWATI







                                                                                                            






















AHMAD FAUZI






























ERLY APRILYANI






























FAJAR ANDRI N































TRI WAHYUNI

Comments